Rabu, 31 Mei 2017

Ngajii Pasaran di YPPMH Tempel Rejo

Dibulan Ramadhan ini biasanya Pondok Pesantren salaf seperti Podok Pesantren Manba'ul Huda Desa Tempel Rejo Kecamatan Kedondong Kabupaten Pesawaran mengadakan pengajian Ramadhan yang biasanya di sebut dengan ngaji pasaran.

Kenapa bisa dinamakan ngaji pasaran ?????Ngaji pasaran atau dalam istilah Jawa Timuran dan sebagian Jawa Tengah disebut Ngaji “Pasanan” (berasal dari kata “pasa” yang artinya puasa) adalah trenbagi kalangan pesantren yakni “ngaji khusus bulan puasa”, dimana setelah puasanya selesai maka program ngaji ini pun ikut selesai. . System pengajiannya tidak seperti pengajian pesantren yang pada umumnya, yang ada di ruangan kelas dan ada setoran hafalan,. Metode pembelajarannya seperti ngaji bandungan, dimana Romo Kyai atau ustadzyang mendapat mandat kyai membaca topik kajian kata per kata (kalimah), kemudian menjelaskannya (syarh). Para santri menyimak secara seksama makna dan syarh darikalimah yang sedang diulas hingga memahami. Tidak ada tanya jawab dalam proses pengajian ini, tapi bukan berarti dilarang. Sebab Ngaji Pasaran biasanya penjelasannya singkat, cepat dan padat. Oleh karenanya ngaji jenis ini dikenal juga dengan istilah “Ngaji Kilatan”. Selain ba’datarawih, ngaji pasaran juga dilangsungkan ba’adashubuh,ba’da dzuhur, ba’da ashar, dan qubailal-maghrib(ngabuburit).

dan tempat pengajiannya itu biasanya di lakukan di serambi – serambi rumah Kiai yang akan membacakan kitab ngaji pasaran tersebut, yang mengikuti ngaji pasaran di Pondok Buntet Pesantren itu tidak hanya santri saja loh, tetapi para warga sekitar dan para alumnipun biasanya berduyun – duyun datang hanya untuk mengikuti ngaji pasaran tersebut.

Biasanya kitab – kitab yang dikaji tersebut antara laintafsir jalalen, ta’lim muta’lim, sulammun taufiq, tidzan dhurari dan masih banyak lagi kitab lainnya. Kitab – kitab tersebut di targetkan hatam selama bulan puasa. Jika ingin lebih mengetahui lagi tentang ngaji pasaran dan ingin nambahin ilmu agama di bulan Ramadhan ini silahkan anda dapat mengikuti ngaji pasaran tersebut baik diPondok Pesantren Manbaul Huda maupun Pondok Pesantren lainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Senin, 10 September 2018 Kegiatan PPL Mahasiswa/I IAI An Nur Lampung di MTs N 1 Pesawaran